Sejak pandemi 2020, penjualan online beragam kategori meningkat pesat. Pada kategori kecantikan, terdapat peningkatan penjualan online hingga 9,39% menurut compas.co.id.
Salah satu brand yang menjadi Top 10 brand skincare lokal berhasil memanfaatkan kesempatan dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Strategi marketing yang dilakukan berhasil menghasilkan Rp 200 juta hanya dalam 2 minggu.
Emangnya apa sih strategi yang dilakukan? Yuk, kita bahas!

Berdasarkan artikel yang berjudul The Elements of an Effective Cause Marketing Campaign, terdapat ciri-ciri campaign marketing yang selalu sukses, yaitu:
Sederhana dan mengandung pesan yang menginspirasi
Visual storytelling yang baik
Objek fisik yang menarik perhatian
Pake beberapa channel media
Mengajak melakukan aksi kecil yang berdampak pada isu besar
Nah, campaign yang dilakukan oleh N’pure mengandung semua elemen tersebut. Salah satu campaign yang sempet viral dari N’pure adalah hashtag #exfowithourfear yaitu campaign yang ngajakin perempuan indonesia untuk cobain produk exfoliasi dari N’pure yang minim risiko iritasi. Campaign ini ditonton lebih dari 13 juta views.
Campaign lainnya yang juga berhasil dipopulerkan oleh N’pure adalah #beatthesun yang mendapatkan 71 juta views. Padahal isi campaignya sederhana, hanya ajakan untuk selalu menggunakan sunscreen dan melakukan re-apply, dilengkapi dengan objek visual yang menampilkan produk sunscreen N’pure yang mudah banget diaplikasikan.
Ada lagi nih, campaign yang berhasil dibuat oleh N’pure adalah Ekspektasi vs Realita. Campaign ini berhasil menjelaskan kepada audiens fungsi skincare yang sebenarnya, bukan untuk menjadi cantik, tapi untuk menjadi diri sendiri. Dari campaign ini, N’pure berhasil menjual produk mereka sebanyak 130 ribu pcs. Keren banget, ya!
Campaign lainnya bisa kamu tengok dan pelajari di social media instagram N'pure, klik di sini!
Pada tahun 2021, N’pure berhasil meraup omzet sebanyak 200 juta per bulan dari penjualan satu produk saja, yaitu N’pure Face Toner Centella Asiatica. Pada tahun 2021, produk yang paling laris di marketplace adalah face toner, hal ini yang kemudian dimanfaatkan N’pure untuk menguasai pasar. Tentunya didukung dengan campaign yang massive juga di sosial media.
Seterusnya, N’pure melakukan riset mengenai produk terlaris di marketplace secara berkala untuk kemudian dikembangkan menjadi produk terbaru N’pure. Memanfaatkan data seperti ini tentu menjadi strategi marketing yang menjanjikan karena data yang tersedia dalam kurun waktu tertentu bersifat valid. Kamu juga bisa melakukannya dengan cara melakukan riset produk yang paling laris di marketplace dalam kurun waktu tertentu, kemudian dikembangkan menjadi produk yang baik dan jangan lupa didukung dengan promosi melalui sosial media. ;)
Gimana, keren banget kan strategi marketing dari N’pure ini? Sobat HW sudah pernah coba yang mana nih?